Kamis, 5 Agustus 2021 WIB
oleh

BMKG Mengeluarkan Peringatan Hujan Lebat Di Sebagian Wilayah

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, Jumat, disampaikan sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku dan di Papua Barat, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan utara Halmahera hingga Papua Barat.

Baca Juga  Penanganan Lonjakan Virus SARS-Cov-2 Di Kabupaten Kudus

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudera Hindia barat Sumatra yang membentuk konvergensi memanjang di Samudera Hindia barat Bengkulu dan konfluensi di perairan barat Sumatera Barat.

Di samping itu, terdapat juga sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik utara Papua yang membentuk konvergensi memanjang di perairan utara Halmahera hingga Papua Barat dan konfluensi di Kalimantan Utara, Laut Sulawesi, dan Maluku Utara bagian utara.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Aceh, dari Lampung hingga Bengkulu, di perairan/pesisir selatan Jawa Barat, di Jawa Timur, di perairan selatan Kalimantan Tengah, di Kalimantan Barat, dari perairan utara Kalimantan hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Laut Banda, di Papua Barat, dan di NTT bagian timur.

Baca Juga  BMKG: Sejumlah Provinsi Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang

Daerah pertemuan angin atau konfluensi juga terpantau di Selat Malaka.

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Berdasarkan kondisi itu, BMKG memperkirakan wilayah yang memiliki potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat, yakni Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung.

Baca Juga  KSP Moeldoko Sesalkan Perbuatan Dua Aparat yang Melakukan Tindak Kekerasan Pada Warga Sipil

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Papua Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. (*/cr3)

Sumber: antaranews.com

News Feed

%d blogger menyukai ini: