oleh

Dimasa Pandemi transaksi BUMDes Payang Sejahtera

Samarinda – BUMDes Payang Sejahtera Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara menunjukkan mampu menjadi lokomotif perekonomian desa. Transaksi yang dikelola BUMDes tersebut terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun meskipun dimasa pandemi COVID-19.

“Dari Laporan keuangan untuk tahun 2020 ditengah kondisi pandemi COVID-19, BUMDes mampu mencatat transaksi mencapai Rp7 miliar lebih dengan keuntungan bersih tercatat Rp600 juta lebih,” kata Kabid Usaha Ekonomi Masyarakat, SDA, dan Teknologi Tepat Guna (UEM, SDA, dan TTG) DPMPD Kaltim, Elvis melalui Kapala Seksi UEM Muriyanto Ketika dikonfirmasi hasil kunjungan Kepala Desa Sungai Payang Rusdin, di Ruang Kerjanya, Senin (8/3).

Baca Juga  PPKM Berbasis Mikro Kaltim Diperpanjang Hingga 22 Maret

Selaku pembina BUMDes, tentu dia merasa senang dan sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Kepala Desa Sungai Payang Desa Bersama Direktur BUMDes yang sukses mengangkat dan mendorong BUMDes Payang Sejahtera terus bergerak menjadi lokomotif perekonomian di desa.

BUMDes Payang Sejahtera diakui sudah memiliki dua kantor tetap yakni terletak berdekatan dengan kantor desa diperoleh dari hibah perusahaan sekitar dan satu unit lagi berdekatan dengan pabrik kompos.

Baca Juga  Belanda Cemas Mendapatkan Pukulan Besar Karena Potensi Cedera Bek Matthijs De Ligt

Tentu pemilihan lokasi kantor yang berdekatan dengan pabrik bukan tanpa sebab, mengingat pabrik kompos akan segera beroperasi setelah hasil uji kandungan kompos selesai dilakukan oleh PT Sucofindo.

Mariyanto menjelaskan berdasarkan pemaparan kepala desa dan direktur BUMDes, pabrik kompos nantinya akan menyerap 20 hingga 30 karyawan baru. Saat ini BUMDes Payang sejahtera sudah memiliki karyawan sebanyak 134 orang yang bekerja di 10 unit usaha.

Adapun unit usaha terbaru yakni jasa laundry untuk perusahaan dengan kaum ibu di Desa Sungai Payang sebagai karyawan.

Baca Juga  Gerakkan Budidaya Perikanan Jadi Penopang Ketahanan Pangan dan Pembangunan Ekonomi Daerah di Tengah Pandemi

Selain itu ada juga tantangan terbaru dari perusahaan sekitar yakni mengelola kedai kopi lengkap dengan barista dan chef dengan pangsa pasar karyawan perusahaan. Saat ini masih dicari barista yang tertarik mengembangkan kedai kopi di Desa Sungai Payang.

“Memang luar biasa semangat pak rusdin (kepala desa) dan pak supiani (direktur BUMDes) dalam memajukan ekonomi desa, terus maju ditengah pandemi dan yakin Desa Sungai Payang akan makin sejahtera,”kata Mariyanto.

Sumber : Kaltim.antaranews.com

News Feed