oleh

Diskominfo Kaltim Mendukung Penuh Program Beasiswa Kaltim Tuntan (BKT)

Samarinda – Data Center Dinas Komunikasi (Diskominfo) Kaltim mendukung penuh program Beasiswa Kaltim Tuntan (BKT) yang baru diluncurkan atau dilaunching Gubernur Kaltim Isran Noor pada Kamis 25 Maret 2021.

“Mulai tahun ini, khusus BKT untuk pendaftaran beralih alamat website ke beasiswa.kaltimprov.go.id, bagi yang masih membuka di kaltimtuntas.id akan dialihkan otomatis ke alamat yang baru.” Kata Kadiskominfo Kaltim,Muhammad Faisal, ketika di hubungi Sabtu (27/3).

Ia mengatakan selama ini menggunakan hosting dan server dari pihak luar, maka mulai tahun 2021 program Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) beralih menggunakan milik Pemprov Kaltim yang dikelola sendiri oleh Diskominfo yang ditandai dengan peralihan penggunaan nama domainnya.

Baca Juga  BNPB Ajak Organisasi Sukarelawan dalam Penanganan Gempa di Sulawesi Barat

Lanjut Faisal pihaknya telah mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari dengan beberapa kali rapat dan koordinasi, memang menjadi tanggung jawab berat.

Menurutnya bukan pekerjaan yang mudah bagi Tim Data Center Diskominfo , walaupun mereka di back office tapi menjadi sangat vital bagi kenyamanan pengguna maupun kelancaran proses beasiswa Kaltim.

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan mulai dari sumber listrik dan back up nya, pemeliharaan genset, UPS hingga mempersiapkan server dan jaringan sampai dengan back up jaringan internet telah dilakukan.

Baca Juga  Nurul Wasi’ah Melakukan Reses Di Carita

“Termasuk perpanjangan kontrak bandwith, sudah kami antisipasi jauh hari agar tidak mengganggu BKT. Tak kalah penting adalah masalah keamanan data. Intinya kami bangga dipercaya oleh karena itu kami harus fokus dan monitor 24 jam agar proses ini tetap lancer,” katanya.

Faisal menambahkan bahwa menjadi hal yang efisien dan efektif ketika menggunakan server data sendiri termasuk soal keamanan data bisa terjamin, walaupun butuh bekerja ekstra sebagai bentuk dukungan kami terhadap program unggulan Pemprov Kaltim.

Seperti diketahui katanya program Beasiswa Kaltim Tuntas sangat ditunggu-tunggu oleh pelajar dan mahasiswa se Kaltim, sehingga terjadi akses atau traffic yang tinggi baik dari regular, nasional bahkan internasional.

Baca Juga  Staf Ahli MPR RI Datangi Sekretariat SMSI dan Bahas Perkembangan Jurnalistik Digital Siber di Indonesia

Dikemukakannya pada awal setelah pembukaan pendaftaran dan hasil monitoring hingga 24 jam, memang animo masyarakat luar biasa melebihi tahun sebelumnya.

“Di 12 jam awal , visitor sudah mencapai 42 ribuan, kemudian setelah 24 jam visitor mencapai 48 ribu an. Jika dalam mengakses terjadi kesulitan mohon dimaklumi. Kami dan tim IT BKT terus berusaha mengevaluasi terutama di hal konfigurasi,”ujar Faisal. (*/cr9)

Sumber : Kaltim.antaranews.com

News Feed