oleh

Seorang lansia warga Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sudah menjalani vaksinasi COVID-19

Balikpapan – Sebanyak 1.428 orang lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun warga Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, sudah menjalani vaksinasi COVID-19 sejak Minggu (7/3).

“Mereka mulai divaksin sejak vaksinasi massal di Gedung Pusat Pertemuan dan Olahraga atau Dome Balikpapan pada Minggu (7/3), kemudian dilanjutkan di puskesmas-puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Balikpapan dr Andi Sri Juliarty di Balikpapan, Jumat.

Ada 27 puskesmas di Balikpapan yang memberikan layanan vaksinasi COVID-19. Vaksinasi untuk lansia diberikan pada hari Rabu dan Sabtu. Adapun vaksinasi untuk petugas pelayanan publik diberikan pada hari Selasa dan Jumat.

Pada setiap hari vaksinasi, dibatasi hanya 50 orang yang divaksin agar tidak terjadi penumpukan antrean dan tidak terlalu membebani petugas di Puskesmas.

Baca Juga  Gerindra Minta Pemerintah Berikan Penghargaan Kepada Nakes, Aparat, dan Relawan

“Mengingat ruang tunggu dan layanan di Puskesmas kan tidak luas. Juga jumlah tenaga kesehatannya terbatas,” kata Juliarty.

Saat ini seluruhnya ada 50.326 lansia di Balikpapan. Mereka mulai mendapat giliran divaksin sejak Senin (8/3) dalam vaksinasi massal di Dome Balikpapan.

Sebelumnya mereka harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi yang sudah disediakan Satgas Penanganan COVID-19, yang dapat diakses lewat telepon cerdas. Pendaftaran tersebut bisa diakses di laman vaksinasi.balikpapan.go.id/lansia

Dalam vaksinasi massal di Dome, tidak kurang dari 500 lansia berhasil divaksin. Selain dari kelurahan-kelurahan, sebagian juga para anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan pensiunan anggota TNI/Polri yang tergabung dalam Pepabri.

Baca Juga  Sebanyak 210 Guru Ikuti Seleksi Bakal CKS Di Kaltim

Sebelumnya lagi, para lansia yang memiliki penyakit ikutan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, harus berkonsultasi dulu dengan dokter yang merawat.

Sementara itu, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Balikpapan bertambah 69 kasus positif baru dengan 3 kasus kematian.

Dari 69 kasus positif baru itu, terdapat 49 kasus dengan riwayat suspek, 2 kasus riwayat tracing ditempat kerja, 11 kasus riwayat tracing di masyarakat, 7 kasus riwayat orang tanpa gejala (OTG)

Pasien sembuh bertambah 95 kasus yakni dari RS Kanujoso Djatiwibowo 16 pasien, dari RS Pertamina 10 pasien dan isolasi mandiri sebanyak 69 pasien. Seluruhnya pasien sembuh sebanyak 12.523 kasus.

Baca Juga  Warung Penyedia Makan Langsung di Tempat Sudah Berkurang Saat PPKM di Kota Serang

Tiga pasien yang meninggal dunia yakni laki-laki berusia 45 tahun, perempuan berusia 63 tahun, dan laki-laki berusia 47 tahun. Semunya meninggal pada 10 Maret 2021 di RS Kanujoso Djatiwibowo dan RSUD Beriman.

Secara kumulatif jumlah positif COVID-19 di Kota Balikpapan sebanyak 14.149 kasus, 274 pasien menjalani perawatan di rumah sakit, 841 pasien isolasi mandiri dan sebanyak 511 kasus kematian.

Sumber : Kaltim.antaranews.com

News Feed